Tuesday, June 30, 2009

SISTIM MANAJEMEN MUTU TINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Sistem manajemen mutu memang penting bagi perusahaan karena, pemrosesan produk dikendalikan secara konsisten untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan mutu produk.

Tujuan penerapan sistem manajemen mutu bagi produsen antara lain untuk, peningkatan produktivitas, peningkatan daya saing, peningkatan ekspor, peningkatan efisiensi, penurunan reject (produk cacat), menciptakan persaingan yang sehat, mendorong peningkatan investasi, dan menciptakan persaingan yang seha, mendorong peningkatan investasi, dan menciptakan kepedulian terhadap lingkungan. Sedang bagi konsumen untuk keamanan dalam pemakaian, kepastian mutu yang baik, serta harga yang layak.Manfaat sistem manajemen mutu antara lain :

  • Pertama,aspek konsistensi pelaksanaan dan mampu telusur, pendekatan praktis yang sistimatis untuk manajemen mutu, konsistensi operasi untuk memelihara mutu, dan menetapkan kerangka acuan untuk proses peningkatan mutu.
  • Kedua, sebagai aspek pengendalian dan pencegahan, menentukan tanggung jawab dan wewenang dari personil yang mempengaruhi mutu, mendokumentasikan prosedur secara baik, dan menerapkan audit mutu internal dan tinjauan manajemen yang berkesinambungan.
  • Ketiga, aspek perkembangan dan pertumbuhan perusahaan, sebagai saran pemasaran, penjaminan mutu, peningkatan citra dan daya saing perusahaan, meningkatkan produktivitas dan mutu, penurunan pemborosan karena kerja yang buruk, memberikan pelatihan yang sistimatis kepada staf, mengantisipasi tuntutan konsumen dan sebagai fondasi menuju manajemen mutu terpadu.

Sistem manajemen mutu memang penting bagi perusahaan karena, pemrosesan produk dikendalikan secara konsisten untuk memperbaiki / meningkatkan mutu. Selain itu memungkinkan perubahan personil tanpa gangguan dalam mutu produk dan waktu penyampaian. Upaya untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dengan selalu melakukan tindakan korektif. Manajemen mutu juga dapat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang dapat diketahui sebelum memulai pekerjaan, sebagai penjaminan produk bermutu, sehingga pelanggan tidak lagi melakukan pemerikasaan atau pengujian, Dan sebagai parameter data yang dilaporkan telah memenuhi standar nasional dan internasional.

(Sumber: Majalah GEMA,EDISI XXIII-Oktober 2008)