Monday, June 29, 2009


Langkah Akhir Sebelum Berpameran

Membuat check-list pada tahapan final dari persiapan berpameran merupakan alat organisasi yang penting untuk meyakinkan langkah terakhir dari seluruh detail persiapan yang telah dilakukan.

  • Review rencana proses pameran beserta tujuannnya, yakinkan bahwa setiap orang yang terlibat memahami apa yang dibutuhkan
  • Bawalah staf pada meeting akhir sebelum keberangkatan, konfirmasi jadwal stand meliputi hal detail pendukung lainnya sepeti kostum atau pakaian yang cocok, tekankan pada staf anda yang akan menjaga stand tentang pentingnya hal-hal tersebut agar pesan penjualan tersampaikan.Penampilan staf penjaga stand akan cukup menunjang performance perusahaan.
  • Hubungi kembali sponsor pameran dan atau kontak person untuk konfirmasi ulang mengenai semua bahan informasi penting yang akan kita butuhkan mencakup loading barang pada lokasi, termasuk pengankutan barang setelah event selesai.
  • Konfirmasi agen travel yang akan kita pakai jasanya serta baik juga untuk menghubungi tempat pengnapan/hotel terpilih
  • Cek ulang strategi marketing kita termasuk disiapkan bahan-bahan promsi seperti kartu bisnis, alat-alat tulis yang dibutuhkan, brosur/lefleat dan sebagainya
(sumber :Majalah GEMA, EDISI XXIII-Oktober 2008)