Monday, June 29, 2009

LANGKAH STRATEGIS MENGIKUTI PAMERAN

Beberapa hal penting yang perlu dilakukan : pemilihan pameran (event), pemilihan produk, desain tampilan stand termasuk teknik display produk, paket publikasi (leaflet/brosur dan kartu nama/identitas perusahaan), pemahaman cara melakukan transaksi dagang termasuk cara pembayaran ataupun layanan retail, menjalin komunikasi dengan calon pembeli (buyers), melakukan pengamatan (market intelligent) dengan kekuatan lain (sesama peserta pameran dan pesaing lainnya) dan sebagainya.

Perencanaan / Penjadwalan Pameran

Langkah-langkah dilakukan :

  • Identifikasi kebutuhan untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana menggunakan pameran dagang sebagai bagian dari perluasan marketing dan strategi pemasaran perusahaan anda.
  • Lakukan penelitian dan identifikasi event pameran yang akan diikuti berdasarkan target dan kesempatan.
  • Mintalah informasi dari event sponsor mengenai ruang pamer, tipe/jenis pameran yang akan diselenggarakan beserta detail informasi lainnya yang dibutuhkan.
  • Menseleksi vendors dan konsultan desain (jika akan menggunakan pihak ketiga) yang akan menangani display booth anda, banners, aksesoris, rak-rak display dan kelengkapan pameran lainnya yang akan dibutuhkan termasuk membuat tanggal konfirmasi.
  • Tentukan/seleksi staff penjaga stand, buatlah jadwal, juga tentunya lakukan training sebelumnya.
  • Buat perencanaan travel, untuk memastikan kelancaran transportasi pada hari yang telah ditentukan.
  • Lakukan pengecekan ulang semua langkah-langkah yang telah dilewati dan kontak event sponsor serta mintalah informasi serta rekomendasi apakah dapat berpartisipasi dalam event selanjutnya.\

Identifikasi Jenis Pameran yang Akan Diikuti

Langkah-langkah dilakukan :

  • Pemahaman tujuan spesifik pameran yang akan diikuti ;
  • Setting budget/anggaran yang realistik mencakup peluang kembalinya modal ;
  • Buatlah perencanaan marketing pameran ; sebelum pameran, pada saat berlangsungnya pameran serta setelah berpameran, termasuk langkah untuk memfollow-up dengan para costumer potensial setelah pameran berlangsung untuk penambahan dan kelangsungan penjualan produk perusahaan anda.
  • Ciptakan pameran yang menarik dengan cara display stand yang baik dan benar, menarik perhatian dengan cara display stand yang baik dan benar, menarik perhatian pengunjung yang secara instan para pengunjung mampu menangkap image dan pesan yang ingin disampaikan melalui produk kita.
  • Lakukan konfirmasi ulang dengan event sponsor pameran yang akan kita ikuti
  • Buatlah kelengkapan promosi termasuk bahan-bahan marketing antara lain literatur penjualan, brosur/lembar contoh produk, kartu nama pribadi dan perusahaan, serta kelengkapan promosi lainnya yang dibutuhkan.
  • Pastikan jenis produk yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis pameran yang akan diikuti dengan tentunya memperhatikan quality controlnya.
  • Evaluasi langkah-langkah yang telah dilakukan.