Tuesday, June 16, 2009

PENJELASAN SENYAWA -SENYAWA BERBAHAYA YANG DILARANG BPOM RI DALAM KOSMETIK


Merkuri (Hg) / Air Raksa termasuk logam berat berbahaya, yang dalam konsentrasi kecilpun dapat bersifat racun. Pemakaian Merkuri (Hg) dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia.Menurut Peraturan Menteri Kesehatan, kadar merkuri maksimum di dalam air adalah 0,001 mg/l.

Pemakaian kosmetik yang mengandung Merkuri dapat mengakibatkan

  • Dapat memperlambat pertumbuhan janin
  • Mengakibatkan keguguran (Kematian janin dan Mandul)
  • Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan,flek itu dapat / akan timbul lagi & bertambah parah (melebar).
  • Efek REBOUND yaitu memberikan respon berlawanan (KULIT AKAN MENJADI GELAP/KUSAM SAAT PEMAKAIAN KOSMETIK DIHENTIKAN).
  • Bagi Wajah yang tadinya bersih lambat laun akan timbul flek yang sangat parah (lebar).
  • Dapat mengakibatkan kanker kulit

Unsur merkuri yang ada di kosmetik akan diserap melalui kulit, kemudian akan dialirkan melalui darah keseluruh tubuh dan merkuri itu akan mengendap di dalam ginjal yang berakibat terjadinya GAGAL GINJAL YANG SANGAT PARAH. (BISA MENYEBABKAN KEMATIAN) Merkuri dalam krim pemutih (yang mungkin tidak tercantum pada labelnya) dapat menimbulkan keracunan bila digunakan untuk waktu lama.


Hidrokinon C6H4(OH)2 termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.

Penggunaan Hydroquinon sebagai salah satu zat pemutih kulit, jika digunakan melebihi batas normal akan mengakibatkan kerusakan pada kulit, apalagi jika digunakan jangka panjang, maka akan mengakibatkan keracunan pada kulit. Zat hydroquinon ini juga ditemukan pada asap rokok dan asap kendaraan bermotor (bayangkan efeknya jika kandungan ini diserap dalam kulit masuk ke tubuh kita!!) Apakah kegunaan hydroquinon? Hydroquinone menurunkan pembentukan melanin pada kulit. Melanin adalah pigmen pada kulit yang memberikan warna gelap/coklat. Hydroquinone digunakan untuk mencerahkan daerah gelap pada kulit seperti kerut, bintik2 penuaan, melasma, (warna gelap/kusam pada kulit yang timbul disebabkan oleh alat kontrasepsi)

Asam retinoat (C20H28O2) adalah bentuk asam dan bentuk aktif dari vitamin A (retinol).tretinoin. Asam retinoat ini sering dipakai sebagai bentuk sediaan vitamin A topikal, yang dapat diperoleh secara bebas maupun dengan resep dokter. Bahan ini sering dipakai pada preparat untuk kulit terutama untuk pengobatan jerawat, dan sekarang banyak dipakai untuk mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari (sundamage) dan untuk pemutih.

asam retinoat dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit seperti terbakar, terutama buat yang berkulit sensitif. Sedangkan pada penggunaan sistemik (misalnya peroral) asam retinoat memiliki efek teratogenik, yaitu menyebabkan abnormalitas perkembangan janin dalam kandungan. Paparan yang paling kritis adalah selama 3-5 minggu kehamilan, bahkan sebelum sang ibu ketahuan hamil. Penggunaan asam retinoat ini dapat menyebabkan berbagai bentuk malformasi/kecacatan pada janin.

Zat berbahaya lainnya adalah rhodamin B. Bahan ini bila terserap kulit dan terakumulasi bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hati, bahkan kanker hati. Rhodamin B adalah pewarna merah terang komersial, ditemukan bersifat racun dan dapat menyebabkan kanker.