Monday, June 29, 2009

Penataan/Display Produk pada Stand (booth)

Untuk mencapai efektivitas, dampak visual dari display stand anda harus menimbulkan kesan pertama yang kuat dan mampu mengkomunikasikan pesan yang ingin anda sampaikan hanya dalam beberapa saat saja, hal ini untuk memaksimalkan peluang penjualan.

Elemen visual/grafis pada stand harus merefleksikan secara kuat sipa kita (perusahaan) serta performance image visual stand dapat memberikan kesan persuatif bagi pengunjung yang melewati stand kita. Secara keseluruhan diperlukan desain yang baik dan berarti, sederhana agar mudah dipahami, seminimal mungkin penggunaan kata-kata, mencakup kelebihan produk-produk kita. Ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan antara lain mencakup warna, pencahayaan, gerakan, suara (sound system).

  • Warna : selektifitas dalam pemilihan warna karena dapat menimbulkan berbagai kesan antara lain tidak professional ataupun menimbulkan berbagai konotasi lainnya. Wrna dalam pengertian yang dimaksud disini adalah mencakup fisik stand dalam penggunaan berbagai aksesoris penunjang serta produk-produk yang akan ditampilkan
  • Pencahayaan : membantu memfokuskan pada stand anda, jenis lampu spotlight yang ditempatkan pada titik-titik strategis pada stand anda akan cukup membantu.c
  • Suara: pilihlah jenis musik yang baik (disesuaikan dengan jenis produk kita), menarik perhatian, tetapi behati-hatilah dengan setting tata suara pastikan tidak mengganggu peserta stand yang lain dan terdengar disekitar area booth anda.
  • Wangi-wangian : menggunakan aroma wewangian dapat diambil contoh seperti di shopping center/shopping mall, pilihlah jenis wangi-wangian yan tepat misalnya jenis aroma terapi sangat cocok bagi produk batik, sehingga kan menambah suasana etnik. Selain itu menimbulkan efek psikologis membuat betah dan nyaman pengunjung.

Bagi seorang displayer yang baik harus memilki pemahaman tentang berbagai material dan cara penggunaannya yang tepat, pemahaman terhadap semua media, kemampuan tentang bagaimana mengkomunikasikan ide dengan jelas dan berharga serta tentunya memilki pikiran yang terbuka dan sarat kreatifitas.