Thursday, April 30, 2009

Potensi Nanas di Kabupaten Kapuas

Salah satu potensi yang sedang digali oleh Dinas Perindagkop UMKM Kabupaten Kapuas adalah nanas , apalagi jenis nanas madu yang rasanya manis dan segar.

Produksi nanas di Kapuas sampai saat ini sementara hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan lokal saja. Diperlukan pembinaan yang lebih proaktif dari Pemda untuk lebih melihat peluang pasar nanas untuk bisa memprodiuksi nanas dalam skala besar karena Nanas yang dihasilkan petani di Kabupaten Kapuas merupakan salah satu jenis nanas terbaik dan diharapkan bisa diekspor ke luar negeri terutama daerah Asia khususnya Jepang.

Ananas comosus (L.) Merr. Biasanya orang Kalimantan menyebutnya dengan kanas. Banyak manfaat yang terkandung dalam buah ini. Nanas mengandung vitamin (A dan C), kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa (gula tebu), dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan set kanker, menghambat agregasi platelet, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi). Daun mengandung calsium oksalat dan pectic substances.

Beberapa tips dalam memilih nanas yang baik:
Nanas dapat berwana hijau atau kuning warnanya. Ketika memilih nanas, pilihlah nanas yang berat. Hal ini menandakan tingkat kesegarannya. Untuk melihat apakah nanas yang Anda pilih sudah matang atau belum, andalkan indra penciuman Anda. Buah nanas yang sudah matang mempunyai bau yang kuat, manis dan khas.

Buah nanas yang tidak matang terasa sangat kecut. Ketika nanas yang belum matang dipanen dari tanamannya, buah tersebut tidak akan bisa menjadi lebih matang lagi. Buah nanas yang tidak matang tersebut akan mulai membusuk. Karena buah nanas tidak mempunyai cadangan yang bisa diubah menjadi gula.

Rasa dan aroma dari buah nanas membuat buah tersebut sering dipakai sebagai hidangan pembuka. Selain itu nanas juga digunakan sebagai bumbu masakan karena rasanya yang khas.